You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Dagan
Desa Dagan

Kec. Solokuro, Kab. Lamongan, Provinsi Jawa Timur

Profil Desa -- selengkapnya...

Desa Dagan Pernah Menjuarai Lomba Gotong Royong Se-Jawa TImur

ADMINISTRATOR 06 Juli 2019 Dibaca 105 Kali
Desa Dagan Pernah Menjuarai Lomba Gotong Royong Se-Jawa TImur

Desa Dagan Kecamatan Solokuro akhirnya terpilih dan ditetapkan Pemprov Jatim masuk tiga besar dalam Lomba Gotong Royong Tingkat Jatim.

Tujuan kami ke Lamongan bersama rombongan besar ini adalah untuk mencari yang terbaik di antara tiga besar. Nantinya, desa terbaik akan mewakili Jatim di tingkat nasional. Sehingga kami akan cukup serius dalam melakukan penilaian, “ ujar Suriaman, Tim Penilai Lomba Gotong Royong Tingkat Jatim, Jumat (21/03) di Guest House Pemkab Lamongan saat diterima Bupati Fadeli bersama Sekkab Yuhronur.

Suriaman yang juga Kabid Kelembagaan pada Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bapemas) Pemprov Jatim itu mengungkapkan, Lamongan adalah yang pertama dinilai diantara tiga desa lainnya. “Selain Lamongan, Surabaya dan Pacitan juga masuk tiga besar, “ungkapnya.

Tim penilai mempunyai standar untuk menentukan desa mana yang dinilai sebelum masuk ke tiga besar Jatim. Ada empat penilaian yang menjadi acuan juri. Yakni bidang lingkungan, sosial budaya, agama dan ekonomi. Sehingga tim juripun berisi lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Dagan adalah desa yang berada di utara kota Lamongan di wilayah Solokuro. Dimana penduduk Desa Dagan terkenal agamis. Selain itu, desa di Kecamatan Solokuro tersebut juga memilki tingkat partisipasi masyarakat yang sangat tinggi.

Sementara itu Bupati Fadeli menambahkan, saat ini warga Desa Dagan sedang membangun tempat ibadah dengan total biaya yang dibutuhkan mencapai Rp 2,5 miliar. Dan dana pembangunannya adalah dari swadaya masyarakat.

Selain itu, desa Dagan yang dipimpin oleh Warjidan itu, memiliki Sistem Keamanan Rakyat yang dibentuk secara gotong royong atas seringnya terjadi kasus pencurian hewan ternak pada medio 2001-2010. “Sekarang desanya sangat kondusif dan tidak ada lagi pencurian hewan ternak, “ ujarnya.


Berita dimuat pada Koran Harian Surya tgl 21-03 2014 dengan judul Desa Dagan Solokuro Masuk 3 Besar Lomba Gotong Royong Tingkat Jatim

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image